Berita Gempa Hari Ini yang Menggegerkan Masyarakat Indonesia

Category : mesti baca
Berita Gempa Hari Ini yang Menggegerkan Masyarakat Indonesiaby Adminon.Berita Gempa Hari Ini yang Menggegerkan Masyarakat IndonesiaGempa dengan kekuatan 6,1 skala Ricter terjadi pada 81 kilometer arah barat dari Lebak dengan kedalaman 61 km dibawah permukaan air laut. Berdasarkan data yang dihimpun oleh pemerintah melalui Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebnayak 129 rumah rusak. Jumlah tersebut tersebar pada 10 kecamatan Bayah, Cihara, Lebak Gedong, Sajira, Sobang, Cimara, Wanasaam, Cilograng, […]

Gempa dengan kekuatan 6,1 skala Ricter terjadi pada 81 kilometer arah barat dari Lebak dengan kedalaman 61 km dibawah permukaan air laut. Berdasarkan data yang dihimpun oleh pemerintah melalui Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebnayak 129 rumah rusak. Jumlah tersebut tersebar pada 10 kecamatan Bayah, Cihara, Lebak Gedong, Sajira, Sobang, Cimara, Wanasaam, Cilograng, Panggarangan, dan Rinten.

Di daerah Padeglang ditemukan sebuah aula milik SMA CMBBS roboh, serta beberapa rumah warga sekitar mengalami krusakan, untuk korban jiwa tidak ditemukan. Secara keseluruhan jumlah kerugian yang diderita dari bangunan yang ada di Banten adalah 115 rumah rusak, 1 puskesmas rusak, serta  1 masjid rusak.

Di luar itu pada provinsi Jawa Barat, beberapa kabupaten terkena dampak dari gempa tersebut. Di kabupaten Bogor misalnya terdapat 13 unit rumah yang mengalami kerusakan tepatnya di kelurahan Tari Kolot, Pekancilan, serta Kuta. Pada daerah Cianjur korban berupa 6 pelajar mengalami luka berat, ada juga 2 pelajar yang luka ringan karena tertimpa runtuhnya genteng di SMK Tenggeung. Kerusakan berat bangunan 1 rumah terjadi di desa Tenggeung dan satu lagi di desa Pagermaneuh.

Pada kabupaten Sukabumi sejumlah 9 rumah warga mengalami rusak ringan, 1 rumah rusak sedang, 2 fasilitas umum kesehatan mengalami kerusakan ringan serta 1 masjid rusak berat. Kejadian gempa ini mengakibatkan banyak kerugian berupa material atau bangunan dalam jumlah yang besar, namun untuk korban jiwa tidak sampai terjadi.

Sehari kemudian terjadi gempa susulan, salah satu daerah yang bisa merasakan gempa tersebut adalah kota Rangkasbitung. Pada daerah yang merupakan ibukota dari Kabupaten Lebak, provinsi Banten yang merupakan daerah terdekat dekat pusat gempa. Gempa tersebut memang terasa, akan tetpi dampak terhadap kepanikan warga sekitar tidak terlalu besar.

Hal ini dapat dilihat dari tidak adanya warga yang berhamburan keluar saat terjadi gempa susulan ini. Kejadian ini menunjukan bahwa rasa trauma warga mulai sudah bisa terkendali. Bagi warga yang terpenting adalah selalu waspada agar jika terjadi gempa tidak sampai menimbulkan korban.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply