8 Langkah Penyusunan Latar Belakang Proposal Penelitian

Category : Pendidikan
8 Langkah Penyusunan Latar Belakang Proposal Penelitianby Adminon.8 Langkah Penyusunan Latar Belakang Proposal PenelitianDalam penyusunan makalah, skripsi, atau bahkan tesis tentunya dibutuhkan latar belakang proposal penelitian yang akan dilakukan. Dengan pembuatan latar belakang yang tepat, umumnya kegiatan penelitian yang dilakukan pun dapat dijalankan dengan lebih matang. Karena itulah bagi anda yang hendak melakukan penelitian, maka pastikan untuk membuat latar belakang dengan lebih tepat terlebih dahulu, sehingga penelitian pun […]

Dalam penyusunan makalah, skripsi, atau bahkan tesis tentunya dibutuhkan latar belakang proposal penelitian yang akan dilakukan. Dengan pembuatan latar belakang yang tepat, umumnya kegiatan penelitian yang dilakukan pun dapat dijalankan dengan lebih matang. Karena itulah bagi anda yang hendak melakukan penelitian, maka pastikan untuk membuat latar belakang dengan lebih tepat terlebih dahulu, sehingga penelitian pun dapat dilakukan dengan lebih cepat. Berikut ini terdapat 8 langkah tepat yang dapat anda ikuti dalam proses pembuatan latar belakang dari proposal penelitian yang diantaranya adalah :

  1. Pendeskripsian umum dari topik yang digunakan

Dalam mendeskripsikan topik yang akan anda ambil, pastikanlah untuk memberikan penjelasan dengan lebih fokus. Dalam hal ini pembahasan yang anda lakukan tidak melebar dan juga melenceng dari apa yang akan anda teliti.

  1. Melakukan identifikasi dengan masalah yang terkait

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menemukan beragam bentuk masalah yang berkaitan dengan topik yang hendak anda teliti itu tadi. Misalkan jika topik yang anda teliti berkaitan dengan kemampuan membaca anak, maka pastikanlah untuk mengidentifikasi beragam bentuk masalah yang berkaitan dengan kemampuan membaca yang dimiliki siswa dan lainnya.

  1. Lebih fokus pada satu masalah yang ada

Setelah menemukan beragam jenis permasalahan yang ada pada topik yang akan anda ambil, ada baiknya jika anda fokus pada satu bentuk permasalahan saja. Dengan demikian penelitian yang akan dilakukan pun tidak meluas dan melebar. Selain itu pembahasan yang dilakukan pun tentunya lebih terarah.

  1. Mengatasi masalah

Apabila permasalahannya telah anda tentukan, maka bagian selanjutnya adalah menjelaskan bahwa penting sekali bagi anda untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan tepat. Karena itulah dalam tahapan yang satu ini anda pun akan ditujukan untuk pencarian solusi tepat.

  1. Menemukan solusi tepat

Pencarian solusi dari bagian di atas tadi tentunya menjadi bagian lanjutan yang harus anda perhatikan dan temukan. Karena dengan menemukan solusi yang tepat, maka permasalahan yang anda bahas itu pun dapat diselesaikan dengan lebih baik, sehingga penelitian pun dapat dilakukan hingga tuntas dan tentunya memberikan perubahan yang lebih baik.

  1. Perumusan dari kerangka masalah dengan teori sebagai solusi tepatnya

Selain beberapa hal di bagian atas tadi, pastikan pula untuk membuat kerangka masalah yang dihubungkan dengan teori yang ada. Dalam hal ini umumnya hubungan antara teori serta kerangka masalah akan menjadi solusi tepat yang dapat mendukung proses penelitian dengan lebih mudah.

  1. Memperkuat teori

Penggunaan teori itu tadi pun sebaiknya anda perkuat dengan menggunakan beberapa bentuk data pendukung lainnya, baik itu data yang berasal dari studi lapangan atau bahkan data yang berasal dari buku, seperti halnya teori yang berasal dari para ahli dan lain sebagainya yang mana dapat menjadikan penelitian anda terlihat lebih jelas dan nyata.

  1. Rumuskan judul yang tepat

Apabila beberapa bagian di atas telah selesai, maka bagian paling akhir yang dapat anda lakukan adalah merumuskan judul yang tepat pada latar belakang proposal penelitian tersebut.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply