Langkah Tepat Menyusun Latar Belakang Proposal Penelitian Skripsi

Category : Pendidikan
Langkah Tepat Menyusun Latar Belakang Proposal Penelitian Skripsiby Adminon.Langkah Tepat Menyusun Latar Belakang Proposal Penelitian SkripsiLatar belakang penelitian  menjadi bagian paling sulit yang harus anda susun ketika mulai membuat proposal skripsi. Pada dasarnya hal inilah yang seringkali membuat orang merasa malas hingga akhirnya meninggalkan pekerjaan tersebut dan membiarkannya dalam waktu lama. Itu sebabnya banyak mahasiswa yang telat lulus karena memang tidak mau atau pun merasa kesulitan dalam menyusun latar belakang […]

Latar belakang penelitian  menjadi bagian paling sulit yang harus anda susun ketika mulai membuat proposal skripsi. Pada dasarnya hal inilah yang seringkali membuat orang merasa malas hingga akhirnya meninggalkan pekerjaan tersebut dan membiarkannya dalam waktu lama. Itu sebabnya banyak mahasiswa yang telat lulus karena memang tidak mau atau pun merasa kesulitan dalam menyusun latar belakang tersebut. Dalam latar belakang dari proposal penelitian tentunya terdapat beberapa hal yang wajib untuk anda tuangkan di dalamnya, utamanya hal-hal yang mendasari dari penelitian skripsi yang hendak anda lakukan  yang kemudian juga akan menjadi bagian dari bahan skripsi itu sendiri.

Bagi anda yang ingin memulainya dengan lebih mudah, cobalah untuk mengikuti beberapa tahapan langkah dalam penyusunan latar belakang tersebut yang akan penulis jelaskan berikut ini :

  1. Temukan masalah yang ada di sekitar

Dalam melakukan sebuah penelitian banyak sekali orang yang menentukan judul terlebih dahulu sebelum melihat permasalahan yang ada. Padahal cara tersebut jelas akan menyulitkan penelitian yang hendak anda lakukan termasuk menyulitkan anda dalam menyusun latar belakang itu tadi, Untuk itu, ada baiknya jika anda mencari permasalahan terlebih dahulu. Dengan demikian, anda pun dapat menyusun latar belakang dengan lebih mudah, sedangkan untuk judul dapat disesuaikan dengan masalah yang ada dan akan anda gunakan sebagai bahan data awal untuk memulai penelitian. Masalah sendiri dikenal sebagai kondisi yang tentunya tidak diharapkan atau bentuk ketimpangan yang terjadi antara harapan dengan kondisi saat itu.

  1. Pencarian data pendukung

Bagian selanjutnya adalah pencarian data yang dapat mendukung penelitian anda. Dalam hal ini pastikanlah jika data yang hendak anda gunakan tersebut mendukung serta menunjukkan bahwa masalah yang akan anda bahas itu memang benar-benar terjadi, seperti halnya ketika anda menggunakan permasalahan yang ada di lingkungan kelas, maka pastikan pula untuk menggunakan data pendukung yang berada di lingkungan kelas dan juga sesuai dengan permasalahan yang hendak anda angkat itu tadi.

  1. Temukan solusi untuk permasalahan yang ada

Karena latar belakang yang anda buat ini terdapat dalam sebuah proposal penelitian, maka diwajibkan untuk terdapat solusi dari setiap permasalahan yang dibahas di dalamnya. Untuk itu, pada tahapan ini, ada baiknya jika anda mencari solusi tepat yang kiranya dapat membantu anda dalam mengatasi masalah yang akan diteliti itu tadi. Selain itu pastikan untuk memperkuatnya dengan menggunakan argument atau bahkan pendapat dari pihak lainnya.

  1. Simpulkan atau buatlah hipotesis sementara

Setelah beberapa langkah di bagian atas tadi, maka langkah paling akhir yang dapat anda lakukan adalah membuat kesimpulan atau hipotesis sementara yang menyatakan bahwa solusi yang telah anda berikan itu tadi dapat mengatasi setiap permasalahan yang tengah anda teliti. Selain itu masukkan pula hal-hal mendasar yang menjadikan permasalahan tersebut sebagai penelitian yang anda lakukan pada latar belakang penelitian.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply