Perhatikan Hal Ini Dalam Proses Pembuatan Latar Belakang Penelitian

Category : Pendidikan
Perhatikan Hal Ini Dalam Proses Pembuatan Latar Belakang Penelitianby Adminon.Perhatikan Hal Ini Dalam Proses Pembuatan Latar Belakang PenelitianBagaimana sih cara pembuatan latar belakang untuk proposal penelitian, atau bahkan makalah yang tepat? Pada dasarnya dalam membuat latar belakang itu sendiri terdapat dua kata kunci utama yang harus anda pahami terlebih dahulu. Dua kata kunci tersebut adalah masalah serta pencarian solusi yang tepat untuk masalah itu tadi. Sedangkan beberapa hal lain yang membuat penjelasan […]

Bagaimana sih cara pembuatan latar belakang untuk proposal penelitian, atau bahkan makalah yang tepat? Pada dasarnya dalam membuat latar belakang itu sendiri terdapat dua kata kunci utama yang harus anda pahami terlebih dahulu. Dua kata kunci tersebut adalah masalah serta pencarian solusi yang tepat untuk masalah itu tadi. Sedangkan beberapa hal lain yang membuat penjelasan dari latar belakang berubah menjadi lebih panjang dan banyak dibicarakan itu berkaitan dengan data pendukung yang dimilikinya, yang mana dimulai dengan beberapa landasan hukum yang ada termasuk juga keterkaitannya dengan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Berikut penjelasannya :

Landasan hukum

Berbicara mengenai landasan hukum, terdapat setidaknya tiga landasan yang wajib untuk anda perhatikan ketika membuat latar belakang, diantaranya ;

  1. Landasan Yuridis

Landasan yuridis dikenal sebagai bentuk landasan yang berisi mengenai beragam peraturan serta Undang-undang yang mendukung dari bentuk permasalahan yang anda gunakan dalam bahan penelitian, seperti ketika anda meneliti permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan, maka landasan yuridis yang digunakannya pun berkaitan dengan sistem pendidikan nasional, atau bahkan beragam aturan lainnya yang berkaitan dengan pendidikan.

  1. Landasan Empiris

Landasan empiris dikenal sebagai landasan dalam bentuk data nyata dari hasil rekam wawancara yang dilakukan secara langsung di lapangan. Seperti halnya data dari nilai siswa kemudian data mengenai usia siswa atau bahkan data yang berkaitan dengan latar belakang dari keluarga siswa yang berasal dari proses wawancara serta pengamatan dan juga aktivitas lainnya yang peneliti atau anda lakukan di lapangan.

  1. Landasan Teoritis

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, landasan ini berisi beragam macam jenis teori yang dapat digunakan untuk mendukung setiap argumen yang anda gunakan dalam penelitian tersebut. Seperti halnya teori dalam bentuk pendapat para ahli yang dapat anda gunakan sebagai solusi tepat dari permasalahan yang ada. Meskipun landasan teori ini bisa anda dapatkan dengan mudah melalui beragam macam jenis buku yang berkaitan dengan permasalahan yang ada. Namun pastikanlah untuk memahami teori itu sendiri, sehingga ketika anda menggunakannya pun dapat diterapkan dengan lebih tepat dan mudah serta menjadi solusi nyata dari permasalahan pada penelitian yang dilakukan.

Keterkaitan dengan penelitian terdahulu

Bagian paling akhir yang juga tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah bentuk keterkaitan penelitian yang hendak anda lakukan dengan penelitian sebelumnya, Hal ini umumnya terjadi apaila anda melakukan proses pengembangan dari jenis penelitian yang telah ada, atau bentuk permasalahan yang anda jadikan bahan penelitian tersebut berasal dari penelitian sebelumnya yang juga masih menyisakan beragam permasalahan lainnya. Sementara itu keterkaitan dalam penelitian juga tidak mungkin terjadi apabila penelitian yang anda lakukan merupakan bentuk penelitian dengan permasalahan baru yang mana belum pernah diteliti sebelumnya, maka dalam pembuatan latar belakang  itu tadi pun tidak diharuskan untuk mencantumkan keterkaitannya dengan penelitian sebelumnya karena memang tidak ada.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply