4 Cara Tepat Membuat Latar Belakang Masalah Penelitian Karya Ilmiah

Category : Pendidikan
4 Cara Tepat Membuat Latar Belakang Masalah Penelitian Karya Ilmiahby Adminon.4 Cara Tepat Membuat Latar Belakang Masalah Penelitian Karya IlmiahSalah satu hal yang paling penting dalam proses pembuatan latar belakang masalah adalah keberadaan rumusan masalah. Karena itulah sebelum menyusun latar belakang tersebut, ada baiknya apabila menentukan permasalahan yang hendak diteliti terlebih dahulu, hingga melakukan identifikasi dan juga pembatasan masalah yang tentunya akan mempermudah anda dalam penyusunan latar belakang. Berbicara mengenai latar belakang terdapat sedikitnya […]

Salah satu hal yang paling penting dalam proses pembuatan latar belakang masalah adalah keberadaan rumusan masalah. Karena itulah sebelum menyusun latar belakang tersebut, ada baiknya apabila menentukan permasalahan yang hendak diteliti terlebih dahulu, hingga melakukan identifikasi dan juga pembatasan masalah yang tentunya akan mempermudah anda dalam penyusunan latar belakang. Berbicara mengenai latar belakang terdapat sedikitnya 4 hal mendasar yang wajib untuk anda lakukan dalam proses penyusunannya. Ingin tau apa saja? Berikut penjelasannya :

  1. Bertindak seperti halnya “mata-mata”

Ketika anda akan menentukan topik atau bahkan bentuk permasalahan yang hendak diteliti, maka cobalah untuk bertindak seperti halnya seorang mata-mata. Dengan demikian, anda pun akan lebih fokus  untuk melakukan identifikasi, dan juga mencari tahu mengenai beragam hal yang berkaitan dengan permasalahan yang anda jadikan topik penelitian tersebut. Sementara itu, dalam proses menentukan permasalahan itu tadi anda dapat memilih topik yang mudah dari lingkungan di sekitar. seperti halnya beberapa bentuk permasalahan yang berkaitan dengan masalah sosial, budaya, pendidikan, politik, keamanan, dan juga beragam hal lainnya yang ada di sekitar lingkungan anda.

  1. Fakta akan masalah

Sebelum memulai proses penyusunan, ada baiknya jika latar belakang yang berkaitan dengan masalah itu tadi anda fokuskan terlebih dahulu. Dalam hal ini ada baiknya jika anda memikirkan terkait fakta masalah yang dimilikinya karena dengan fakta masalah tersebut tentunya fokus utama dari permasalahan yang akan anda bahas pun akan lebih terarah. Masalah itu sendiri dikenal sebagai bentuk kesenjangan yang terjadi antara sesuatu hal yang anda inginkan dengan kenyataan dari kondisi yang tengah dihadapinya saat ini.

  1. Menemukan fokus permasalahan

Setelah tindakan anda sebagai “mata-mata” dalam memulai proses pencarian masalah, hingga identifikasi yang dilakukan dan juga beberapa bentuk permasalahan yang telah anda pertimbangkan sebelumnya, maka bagian selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah mempertimbangkan setiap permasalahan yang ada sehingga didapat satu fokus utama serta memulai untuk melakukan analisis permukaan pada permasalahan yang telah ditentukan itu tadi.

Analisis permulaan tersebut umumnya dilakukan untuk menyimpulkan beragam fokus masalah yang telah ditentukan tadi, sehingga didapatkan bentuk permasalahan yang paling dominan dan juga krusial serta akurat yang lebih tepat dengan kondisi keberadaan saat ini. Dalam hal ini, pastikanlah untuk menentukan fokus permasalahan yang anda ambil sebagai jenis permasalahan yang paling unik dibandingkan dengan beragam bentuk permasalahan lainnya.

  1. Penjelasan masalah

Bagian paling akhir adalah membuat kerangka dari latar belakang yang akan dibuat. Dalam hal ini penjelasan masalah tersebut dapat dilakukan dari hal yang umum hingga menjurus pada penjelasan masalah yang bersifat khusus atau bahkan sebaliknya, yaitu bentuk penjelasan yang bersifat khusus terlebih dahulu, baru memasuki permasalahan yang bersifat umum.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam cara membuat latar belakang masalah penelitian dengan tepat.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply