Tips Membuat Form Survey yang Berkualitas untuk Penelitian

Category : Pendidikan
Tips Membuat Form Survey yang Berkualitas untuk Penelitianby Adminon.Tips Membuat Form Survey yang Berkualitas untuk PenelitianSupaya form survey anda berguna untuk penelitian anda, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk membuat pertanyaan survey yang efektif. Step 1 : Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan langsung Menggunakan kata-kata yang ilmiah, kata yang sulit dipahami dan juga kata yang memiliki banyak artian akan membuat form survey anda memiliki hasil […]

Supaya form survey anda berguna untuk penelitian anda, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk membuat pertanyaan survey yang efektif.

Step 1 : Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan langsung

Menggunakan kata-kata yang ilmiah, kata yang sulit dipahami dan juga kata yang memiliki banyak artian akan membuat form survey anda memiliki hasil yang kurang valid. Survey pada umumnya diberikan pada masyarakat umum terlepas dari disiplin ilmu, mereka tidak mengerti terms atau istilah dan hal-hal lainnya. Oleh karena itu buat soal anda sesimple mungkin. Buat pertanyaan yang pendek, simple dan jelas.

Contohya :

  • “Berapa bulan sekali anda mencuci motor?”

Soal di atas merupakan soal yang ambigu. Pasalnya koresponden tidak akan mengetahui apakah anda mencuci motor sendiri atau memasukkannya ke jasa pencucian motor. Buat pertanyaan dengan lebih jelas, agar tujuan pertanyaan anda dapat menunjukkan hasil lebih representatif.

Step 2 : Gunakan pertanyaan yang lebih spesifik

Gunakan pertanyaan yang lebih spesifik dengan tujuan yang sama dengan tujuan di atas, yaitu agar hasil kuesioner anda dapat menunjukkan hasil yang lebih efektif.

Contohnya mana yang lebih baik :

“berapa kali anda melakukan olahraga?”

“seberapa sering anda berolahraga”

Kedua pertanyaan ini memiliki makna yang mirip tapi, peserta survey akan memberikan jawaban lebih spesifik untuk anda dengan pertanyaan pertama.

Step 3 : Buat 1 ide menjadi beberapa pertanyaan

Step ini dilakukan untuk menghindari konsep pertanyaan yang terlalu luas. Misal anda melakukan penelitian mengenai kepuasan konsumen. Anda mungkin akan menanyakan “seberapa puas anda dengan produk dari perusahaan ini?” Dari pertanyaan ini mungkin anda akan mendapatkan beberapa jawaban yang mungkin tidak sesuai dengan harapan anda. Untuk menghindarinya coba tambahkan pertanyaan pemberian bobot mengenai beberapa statement yang anda inginkan.

Misal dari pertanyaan di atas, anda ingin mendapatkan jawaban mengenai :

  • Apakah konsumen menikmati penggunaan produk
  • Apakah produk sesuai dengan kebutuhan
  • Apakah konsumen akan membeli produk ini lagi

Berikan mereka pilihan dengan poin sehingga anda dapat menilai seberapa puasnya konsumen terhadap produk tersebut.

Step 4 : Hindari membuat pertanyaan yang mengarahkan

Pertanyaan yang mengarahkan mungkin tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh koresponden. Misal anda bertanya : “apakah fasilitas umum di jakarta perlu ditingkatkan lagi?” Dan anda hanya memberikan 2 jawaban yaitu ya dan tidak, maka hal ini mungkin tidak akan sesuai dengan keinginan responden anda. Untuk membuat hasil lebih valid anda bisa menambahkan bobot-bobot untuk setiap jawaban. Hal ini akan memberikan lebih banyak pilihan pada responden anda sehingga hasil survey anda juga akan lebih berkualitas dan tidak terkesan mengarahkan responden.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply