Cara Pemakaian Android Tv Box Termudah

Category : Android
Cara Pemakaian Android Tv Box Termudahby Adminon.Cara Pemakaian Android Tv Box TermudahAndroid adalah sebuah sistem operasi gadget layar sentuh seperti smartphone dan tablet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia berbasis linux. Sistem android resmi dirilis oleh Google pada tahun 2007 dan menjadi terkenal di semua negara. Penggunaan smartphone sudah menjadi hal yang biasa karena sebagian besar orang mulai dari anak-anak hingga tua kini dapat mengoperasikan […]

Android adalah sebuah sistem operasi gadget layar sentuh seperti smartphone dan tablet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia berbasis linux. Sistem android resmi dirilis oleh Google pada tahun 2007 dan menjadi terkenal di semua negara. Penggunaan smartphone sudah menjadi hal yang biasa karena sebagian besar orang mulai dari anak-anak hingga tua kini dapat mengoperasikan smartphone. Terlebih saat ini paket internet yang disediakan oleh berbagai operator cukup murah sehingga pesan melalui aplikasi chat berbasis android menjadi pilihan utama. Namun, saat ini orang-orang lebih tahu Android merujuk pada sebuah operating system untuk smartphone atau perangkat mobile. Faktanya, Android telah merambat ke bidang streaming, khususnya streaming di TV, yaitu Android Tv Box.

Yuk kenalan dengan Android TV Box yang juga dikenal dengan nama Android streaming box. Televisi atau Tv tentu saja bentuknya kotak, tetapi sesuai dengan namanya, Tv ini didukung oleh Android sebagai operating system (OS). Perangkat ini kerap digunakan untuk menayangkan platform streaming online seperti Netflix dan Hulu. Android TV Box juga digunakan sebagai home server software yang didudukung oleh Plex, bermain berbagai game Android di TV, menggunakan ROM melalui emulator, dan keperluan streaming lainnya. Android TV Box mampu membuat TV berfungsi sebagai Smart TV built-in Android  dengan biaya yang jauh lebih murah daripada membeli Smart TV built-in Android.

Cara Kerja Android TV Box

TV yang ada harus disambungkan ke Android TV Box. Caranya sama dengan cara menghubungkan Tv dengan DVD player, tetapi harus terhubung ke internet melalui Ethernet berkabel atau koneksi WiFi. Bila WiFi tersedia maka proses pengaturan akan lebih cepat dan mudah sehingga berbagai aplikasi Android dapat digunakan segera. Contoh aplikasi yang bisa dipakai adalah Youtube sehingga berbagai video bisa ditonton secara langsung di TV dengan layar yang tentu saja lebih lebar. Harga Android TV Box kurang dari Rp1 juta karena OS Android berbentuk open source dan gratis.

Cara Pemakaian Android TV Box

Simak tutorial singkat tentang cara memakai Android Tv Box sebagai berikut.

  1. Dengan Koneksi Internet Melalui WiFi

Cara kerja Android TV Box hampir sama dengan Smartphone sehingga tentu saja perangkat ini dapat dihubungkan ke WiFi atau jaringan nirkabel. Caranya adalah buka menu pengaturan pada Smartphone, lalu klik sambungkan dengan jaringan wireless. Setelah itu pilih bagian akses poin yang ada pada jaringan hotspot atau WiFi. Voila, perangkat telah tersambung ke internet sehingga kita bisa segera menggunakannya.

  1. Dengan Koneksi Internet Melalui LAN

LAN bisa dilakukan dengan port LAN yang terhubung langsung ke jaringan internet. Untuk menggunakan alat ini tentu saja harus ditancapkan pada kabel terlebih dahulu. Pengaturannya terletak di bagian media player yang ada di Smartphone. Fungsi media player ini adalah  pengatur Android TV Box melalui smartphone dengan leluasa. Cara ini lebih efisien dan praktis karena tampilan Android lebih mudah untuk digunakan hanya dengan beberapa sentuhan.

Cara pemakaian akan lebih mudah jika sudah dihubungkan ke RCA Converter. Dengan mengubah output digital di Google TV Box ke bagian output analog maka kabel LAN pada Android TV Box bisa digunakan. Layaknya laptop atau notebook, Android TV Box juga bisa dipasang berbagai aksesoris seperti slot kartu memory, port USB, port SPDIF, dan Port yang menghubungkan ke LAN. Aksesoris tersebut dapat digunakan untuk menghubungkan Android TV Box sehingga bisa dipakai untuk menonton.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Android TV Box

Pembelian berbagai perangkat elektronik berbasis teknologi tentu saja harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Android Tv Box sebagai berikut.

  1. Kesesuaian Aplikasi pada Televisi

Hal utama yang harus diperhatikan pada perangkat Android adalah kesesuaian aplikasi. TV yang ada harus bisa menjalankan berbagai aplikasi yang dipasang dengan memakai Android TV Box sehingga bisa berjalan dengan lancar/minim kerusakan atau hambatan. Berbagai aplikasi streaming biasanya memiliki kompatibilitas yang berbeda-beda termasuk game sehingga belilah perangkat TV Box yang bisa menjalankan berbagai aplikasi atau game dengan baik dan lancar.

  1. Pengaturan Tv Box

Pemasangan dan pengaturan awal Android TV Box memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Pengaturan lain juga harus dilakukan seperti kualitas gambar pada saat streaming (HD, 4K hingga 8K), kejernihan suara, kecepatan pergerakan frame pada grafis, dan lainnya yang dapat diatur secara manual. Pengaturan ini harus dilakukan sendiri karena setiap Android TV Box memiliki pengaturan bawaan yang berbeda-beda.

  1. Jenis Prosesor

Prosesor selalu menjadi elemen penting bagi sebuah perangkat termasuk TV Box. Jenis prosesor bermacam-macam, yaitu ada yang kuat, tetapi boros energi dan sebaliknya. Ada juga yang lebih hemat energy, tetapi performanya cenderung lemah. Jenis-jenis prosesor yang bisa dipilih antara lain ARM big.LITTLE, DynamIQ, dan Tegra X1 dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Tegra X1 biasa dipakai oleh Nvidia Shield TV dan Nintendo Switch. Sedangkan, DynamIQ dapat membuat konfigurasi big.LITTLE dengan memakai delapan core CPU pada satu cluster komputasi. Semakin kuat sebuah prosesor maka semakin mampu menjalankan video streaming dengan kualitas gambar yang lebih besar dan berbagai jenis game Android. Jadi, pilihlah prosesor yang tepat.

Itulah cara pemakaian Android Tv Box beserta informasi bermanfaat lainnya. Selamat bersenang-senang dengan berbagai perangkat berbasis android.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply