Tutorial Mencari Hingga Instalasi Aplikasi pada Smartphone Android

Category : Android
Tutorial Mencari Hingga Instalasi Aplikasi pada Smartphone Androidby Adminon.Tutorial Mencari Hingga Instalasi Aplikasi pada Smartphone AndroidHal yang paling penting dalam penggunaan ponsel pintar (smartphone) khususnya smartphone android adalah aplikasi. Smartphone Android tanpa aplikasi akan sama dengan ponsel biasa tanpa aplikasi yang seru dan canggih. Aplikasi akan mempermudah kita untuk melakukan apa saja karena ponsel pintar memiliki kemampuan untuk menjelajahi banyak aplikasi. Untuk menikmati berbagai aplikasi tentu saja harus mengetahui proses […]

Hal yang paling penting dalam penggunaan ponsel pintar (smartphone) khususnya smartphone android adalah aplikasi. Smartphone Android tanpa aplikasi akan sama dengan ponsel biasa tanpa aplikasi yang seru dan canggih. Aplikasi akan mempermudah kita untuk melakukan apa saja karena ponsel pintar memiliki kemampuan untuk menjelajahi banyak aplikasi. Untuk menikmati berbagai aplikasi tentu saja harus mengetahui proses mencari hingga instalasi aplikasi yang tepat bagi smartphone android. Simak prosesnya sebagai berikut.

  1. Mencari dan Menemukan Aplikasi yang Tepat

Para pengguna android pasti memiliki Play Store untuk mengunduh dan memasang aplikasi. Google Playstore adalah sumber utama untuk mendapatkan aplikasi gratis pada perangkat Android karena para pengguna umumnya memiliki akun gmail sehingga lebih mudah untuk menggunakan Google Playstore daripada sumber lainnya. Playstore pada awal pemakaian pasti meminta akses ke gmail untuk masuk dan mengunduh berbagai aplikasi. Cara untuk masuk, yaitu buka Settings pada aplikasi Playstore lalu ketuk “Add account” dan akun Google Anda sudah bisa digunakan. Cari aplikasi atau lakukan pencarian dengan mengetik kata kunci untuk menemukan aplikasi yang ingin diunduh. Ada jutaan aplikasi yang bisa diunduh di Google Playstore yang mencakup semua kategori.

Dalam satu kategori biasanya terdiri dari banyak aplikasi sehingga kita harus tahu kualitas satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Jika ingin tahu lebih lanjut tentang aplikasi maka lihat detail informasi dengan menyentuh aplikasi. Di dalam keterangan biasanya ada komentar atau testimony dari para pengguna sehingga kita bisa menilai kelayakan suatu aplikasi. Tidak semua  komentar bisa membantu, tetapi setidaknya bisa menghindari aplikasi-aplikasi yang bermasalah dengan melihat nilai bintang juga. Waspada karena suatu perusahaan bisa saja membayar orang-orang untuk memberikan komentar atau testimoni yang bagus. Ciri-ciri aplikasi yang dibuat oleh pengembang (developer) terpercaya adalah terdapat ikon biru berukuran kecil. Namun, jika berani untuk mencoba aplikasi yang menakjubkan dari pengembang yang tidak dikenal juga boleh dilakukan terutama kalau ingin mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan.

Perhatikan harga aplikasi karena tidak semua aplikasi bisa diunduh secara gratis. Harga aplikasi bervariasi mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Harga biasanya ditampilkan pada tombol di bagian atas halaman detail aplikasi. Aplikasi yang tersedia secara gratis tertera tulisan “Install”,  bukan harga untuk diunduh. Namun, ada aplikasi yang harus dibayar setelah pemakaian beberapa lama sehingga harus waspada dengan aplikasi seperti ini. Indikasi aplikasi yang berbayar adalah mencatumkan harga yang tertera di bawah sehingga banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Untuk aplikasi berbayar saat ini telah menyediakan berbagai metode pembayaran sehingga harus selalu siap kalau sewaktu-waktu ada tagihan tambahan. Metode pembayaran yang bisa digunakan adalah kartu kredit atau debit, akun PayPal, atau kartu hadiah Google Play. Saat ini ada Google Wallet sehingga kalau sudah punya akunnya bisa ditagih melalui dompet digital tersebut.

  1. Proses Pemasangan/Instalasi Aplikasi

Proses pemasangan atau instalasi aplikasi bisa dilakukan dengan cepat asalkan koneksi internetnya baik. Sentuh atau tekan harga atau tombol Install untuk mulai memasang aplikasi yang diinginkan. Ada aplikasi tertentu yang memiliki pengaturan keamanan sehingga para pengguna biasanya akan diminta untuk memasukkan kata sandi sebelum mengunduh aplikasi. Ada hal yang harus dilakukan sebelum mengunduh aplikasi, yaitu periksa kembali izin yang dibutuhkan untuk aplikasi.  Izin (Permissions) adalah akses yang dimiliki oleh aplikasi terhadap perangkat (smartphone). Beberapa izin yang biasanya dibutuhkan adalah kontak, informasi profil, lokasi, berkas lokal, dan lain-lain. Setiap izin yang diminta harus diperhatikan dengan saksama untuk memastikan aplikasi tidak meminta akses terhadap hal yang tidak diperlukan. Contohnya, tidak ada alasan bagi aplikasi senter untuk mengakses informasi identitas. Hal ini akan lebih masuk akal jika aplikasi seperti Facebook yang meminta akses terhadap informasi identitas calon pengguna.

Jika sudah semua hal-hal di atas dilakukan maka pengunduhan aplikasi bisa dimulai. Setelah setuju untuk memberikan izin maka aplikasi akan mulai diunduh ke dalam perangkat. Pastikan koneksi internet tidak tersendat agar aplikasi bisa segera diunduh dan dipasang. Sebaiknya gunakan jaringan nirkabel atau Wifi sebelum mengunduh aplikasi yang berukuran besar seperti game yang mungkin akan menghabiskan cukup banyak kuota data seluler. Jika ukuran file lebih dari 100 MB maka sebaiknya memakai wifi agar tidak tersendat prosesnya. Hubungkan perangkat ke dalam jaringan nirkabel melalui aplikasi Settings di dalam perangkat. Waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh aplikasi biasanya ditentukan oleh ukuran aplikasi dan kecepatan koneksi yang digunakan.

Itulah proses instalasi aplikasi yang seolah lama dan panjang, padahal sebenarnya hanya butuh waktu maksimal 10 menit. Hal yang menentukan cepat atau lambatnya proses instalasi adalah koneksi internet sehingga pastikan koneksi internet sudah baik dan lancar.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply