Cara Memakai Aplikasi pada Smartphone Android

Category : Android
Cara Memakai Aplikasi pada Smartphone Androidby Adminon.Cara Memakai Aplikasi pada Smartphone AndroidSemua aplikasi yang telah terpasang dalam ponsel pintar bisa ditemukan di App Drawer. Bukalah App Drawer dengan menekan tombol kisi di bagian bawah layar pada beranda smartphone. Gulung atau geser layar untuk melihat semua aplikasi yang telah terpasang. Aplikasi yang baru terpasang akan ditambahkan ke halaman beranda secara otomatis pada sebagian besar smartphone. Pengaturan ini bisa dinonaktifkan jika […]

Semua aplikasi yang telah terpasang dalam ponsel pintar bisa ditemukan di App Drawer. Bukalah App Drawer dengan menekan tombol kisi di bagian bawah layar pada beranda smartphone. Gulung atau geser layar untuk melihat semua aplikasi yang telah terpasang. Aplikasi yang baru terpasang akan ditambahkan ke halaman beranda secara otomatis pada sebagian besar smartphone. Pengaturan ini bisa dinonaktifkan jika memang tidak ingin semua aplikasi berada di layar utama. Sentuh aplikasi untuk meluncurkannya setelah selesai diunduh dan dipasang. Beberapa aplikasi seperti Twitter dan Instagram mengharuskan para pengguna untuk mendaftarkan diri (sign up) sebelum aplikasi digunakan. Namun, ada beberapa aplikasi yang memperbolehkan untuk menggunakan aplikasi tanpa penggunaan akun. Akses menu yang pada aplikasi dengan mengetuk tombol ☰, tetapi tidak semua aplikasi seperti itu.

Ada beberapa gerakan umum yang harus dipelajari untuk melakukan beberapa fungsi serupa yang diterapkan di dalam banyak aplikasi sehingga kita akan terbiasa dengan aplikasi baru dalam waktu yang singkat. Gerakan umum ini membantu para pengguna hp android untuk mengakses menu Settings dan navigasi kontrol aplikasi dengan cepat. Besar teks atau gambar yang ditampilkan bisa disesuaikan dengan menggeser dua jari secara sekaligus pada layar. Untuk mengecilkan gambar atau teks bisa dilakukan dengan mencubit layar. Sedangkan untuk memperbesar gambar atau teks maka jauhkan kedua jari secara bersamaan. Lakukan cara berikut untuk menggunakan aplikasi dengan cepat dan mudah.

  1. Atur Informasi pada Kartu Kecil Layar

Aplikasi yang memakai antarmuka “card”, yaitu informasi ditampilkan dalam kartu-kartu kecil pada layar sehingga kita harus menggeser setiap kartu yang tidak diinginkan dengan satu jari. Aplikasi buatan Google pasti menerapkan kartu, tetapi banyak juga aplikasi lain yang menerapkan gaya serupa.

  1. Atur Notifikasi Sesuai Preferensi

Kebanyakan aplikasi akan mengirimkan notifikasi ke ponsel Anda, kemudian notifikasi akan ditampilkan pada bilah Notification. Notifikasi yang menumpuk mungkin akan berantakan sehingga ada baiknya untuk menonaktifkan notifikasi yang tidak selalu dibutuhkan. Sebagian besar aplikasi memiliki pengaturan Notification dari menu Settings yang letaknya berbeda-beda pada setiap aplikasi.  Pengaturan Notification ada di menu Settings aplikasi untuk menonaktifkannya atau melalui menu Settings pada smartphone Android. Cari aplikasi yang akan dinonaktifkan notifikasinya, lalu sentuh nama aplikasi untuk melihat detailnya dan hilangkan centang pada “Show notifications”.

  1. Batasi Jumlah Akun

Jumlah akun yang terlalu banyak akan membuat kewalahan terutama jika banyak aplikasi yang mengharuskan kita untuk membuat akun sebelum menggunakannya. Cobalah untuk menggunakan Google sign in pada setiap kali akan dilakukan. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah tidak membuat akun baru dan tidak melakukan verifikasi untuk akun baru setiap kali memulai aplikasi yang baru karena tidak semua aplikasi mendukung Google sign in.

  1. Tutup Aplikasi dengan Menekan Tombol Beranda

Ketika selesai memakai aplikasi maka tekan tombol beranda untuk menangguhkan aplikasi dan kembali ke layar beranda. Cara ini membuat aplikasi tidak akan tertutup secara menyeluruh. Cara ini hanya membekukan aplikasi di latar belakang sehingga tidak menghabiskan sumber daya sistem smartphone. Kembalilah ke aplikasi yang ditangguhkan saat akan menggunakannya kembali tanpa perlu memuat terlalu banyak sumber daya. Tutup aplikasi secara total dengan menekan tombol Recent Apps dan usap aplikasi yang ingin ditutup ke arah luar jika aplikasi sudah benar-benar tidak dipakai lagi dalam waktu lama kemudian hari.

  1. Pindah dari Satu Aplikasi ke Aplikasi Lain dengan Memakai Tombol Recent Apps

Tombol Recent Apps bentuknya seperti dua persegi panjang. Tombol ini biasanya terletak di pojok kanan bawah pada smartphone. Tombol ini akan membuka daftar aplikasi yang sedang ditangguhkan di belakang layar. Kita bisa berpindah-pindah dengan cepat dengan cara seperti ini. Lalu tekan dan tahan ikon aplikasi untuk menggerakkannya sehingga ikon tersebut bisa ditempatkan di posisi baru. Jika memiliki beberapa layar beranda dan ingin menyedikitkannya maka tahan ikon aplikasi pada tepi layar  sesaat untuk berganti halaman. Jika ingin membuat pintasan di layar beranda maka tekan dan tahan ikon di dalam App Drawer. Geser ikon dari layar beranda ke layar bagian atas untuk menghapusnya. Hal ini tidak akan menghapus aplikasi sehingga kita masih bisa menemukannya di dalam App Drawer.

  1. Buat Direktori di Layar Beranda

Sebagian besar smartphone android versi baru bisa membuat direktori di layar beranda dengan menggeser sebuah aplikasi ke atas aplikasi lainnya. Namun, smartphone tipe lama biasanya tidak bisa melakukan hal ini. Setelah direktori selesai dibuat maka kita bisa menambahkan aplikasi-aplikasi lain ke dalam direktori tersebut. Untuk membuat nama direktori bisa dilakukan dengan membuka direktori dan mengetuk namanya.

Itulah cara mudah untuk menggunakan aplikasi dalam smartphone android sehingga bisa dilakukan dengan cepat. Buatlah hidup semakin mudah dengan memakai aplikasi yang tersedia. Selamat bereksplorasi dengan smartphone!

Author: 

Related Posts

Leave a Reply