Cara Perbarui (Update) dan Hapus (Delete) Aplikasi

Category : Android
Cara Perbarui (Update) dan Hapus (Delete) Aplikasiby Adminon.Cara Perbarui (Update) dan Hapus (Delete) AplikasiInstalasi aplikasi akan mudah dilakukan jika fasilitas yang dibutuhkan sudah memenuhi. Fasiltas apa saja yang dimaksud? Pertama, peramban (browser) yang digunakan harus bagus. Browser yang populer untuk digunakan adalah Google Chrome, Opera, Dolphin, dan Mozilla Firefox. Sangat disarankan untuk menggunakan peramban yang sama versi android juga karena pengaturan dan alamat yang disimpan bisa diselaraskan dari satu perangkat […]

Instalasi aplikasi akan mudah dilakukan jika fasilitas yang dibutuhkan sudah memenuhi. Fasiltas apa saja yang dimaksud? Pertama, peramban (browser) yang digunakan harus bagus. Browser yang populer untuk digunakan adalah Google Chrome, Opera, Dolphin, dan Mozilla Firefox. Sangat disarankan untuk menggunakan peramban yang sama versi android juga karena pengaturan dan alamat yang disimpan bisa diselaraskan dari satu perangkat ke perangkat lain. Kedua, koneksi internet baik dan lancar agar proses pengunduhan (downloading) tidak tersendat atau terhenti. Ketiga, memori penyimpanan ponsel masih cukup terutama untuk aplikasi yang memorinya besar. Jika memori penyimpanan sudah penuh maka hapus atau uninstall aplikasi lain yang jarang atau tidak pernah digunakan lagi.

Jika ingin aplikasi yang penting tetap bisa ditinjau maka hubungkan perangkat dengan jaringan sosial. Aplikasi jaringan sosial yang diunduh melalui Play Store seperti Facebook, Twitter, dan Instagram biasanya membutuhkan alamat email dan nomor handphone. Sebaliknya jika tidak ingin kehilangan akun suatu aplikasi sebaiknya dihubungkan ke sosial media karena lupa password adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Setelah mengunduh dan memasang aplikasi maka kita harus memperbarui aplikasi setelah beberapa lama atau justru menghapus aplikasi karena memori penuh. Simak tahapan berikut ini untuk memperbarui dan menghapus aplikasi.

  1. Memperbarui Aplikasi

Aplikasi yang harus diperbarui biasanya menampilkan notifikasi kecuali memasang pengaturan untuk unduh otomatis tanpa harus terhubung ke wifi. Pengaturan ini sebenarnya sesuai selera, tetapi kalau ingin menghemat pemakaian paket data maka sebaiknya tidak usah pasang pengaturan automatic download. Lakukan saja pembaharuan secara manual di Play Store. Jika ingin fasilitas terbaru dari sebuah aplikasi maka lakukan pembaruan secara rutin karena aplikasi terbaru akan menerapkan fitur dan fungsi baru ke dalam aplikasi, memperbaiki kesalahan, atau memperbaiki tampilan antarmuka pada aplikasi.

  • Sentuh tombol (☰) menu, kemudian pilih“My apps”.

Aplikasi-aplikasi yang telah dipasang melalui Google Play Store akan ditampilkan. Aplikasi yang bisa diperbarui akan ditampilkan di bagian atas daftar aplikasi yang telah dipasang.

  • Lihat perubahan yang terjadi pada aplikasi yang telah diperbarui.

Sebagian besar aplikasi akan menampilkan perubahan yang diterapkan pada aplikasi di halaman Details. Daftar ini untuk meninjau perubahan pada aplikasi dan menentukan perlu pembaruan atau tidak.

  • Sentuh tombol Updateuntuk memperbarui satu aplikasi atau “Update all” untuk memperbarui semua aplikasi.

Aplikasi yang diperbarui umumnya diunduh ulang secara utuh sehingga sangat disarankan untuk menghubungkan perangkat ke wifi atau jaringan nirkabel sebelum memperbarui aplikasi.

  • Aplikasi yang selesai diunduh akan menampilkan notifikasi.

Banyaknya aplikasi yang perlu diperbarui akan menghabiskan cukup banyak waktu. Tunggu aplikasi selesai diunduh atau akan muncul notifikasi di bilah Notification.

  1. Menghapus Data dari Aplikasi dan Aplikasi

Bukalah pengaturan (Settings) aplikasi pada perangkat. Aplikasi akan menguras banyak ruang pada ponsel (smartphone) terutama jika aplikasi digunakan dalam waktu yang lama. Jika mengunduh banyak aplikasi maka ruang penyimpanan akan habis sehingga ponsel menjadi lambat. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh ruang yang telah digunakan terutama jika memori hampir habis, yaitu menghapus data aplikasi dan aplikasi lama. Data aplikasi yang dihapus akan membuat semua data dan pengaturan yang tersimpan untuk suatu aplikasi akan ikut terhapus sehingga aplikasi akan dikembalikan ke kondisi awal seperti pada saat aplikasi pertama kali dipasang. Semua pengaturan dan akun akan dihapus dari aplikasi, tetapi ada beberapa aplikasi tertentu yang meminta penggunanya untuk masuk kembali.

  • Sentuh pilihan “Apps”atau “Applications”. Setelah itu, daftar aplikasi yang terpasang akan ditampilkan. Jika ingin melihat aplikasi yang menghabiskan paling banyak ruang penyimpanan maka sentuh tombol, kemudian pilih “Sort by size”.
  • Sentuh aplikasi yang datanya ingin dihapus. “App info”akan ditampilkan pada layar sehingga  jumlah ruang yang bisa diperoleh kembali dapat dilihat melalui entri “Data”.
  • Sentuh “Clear Data”untuk menghapus data aplikasi dan para pengguna akan diminta untuk memberikan konfirmasi sebelum meneruskan langkah selanjutnya.
  • Hapuslah aplikasi yang sudah tidak dipakai sehingga ponsel akan mendapatkan banyak ruang penyimpanan kembali. Kemudian bisa install aplikasi baru yang gratis atau berbayar dari Google Play Store. Pada smartphone tertentu biasanya ada aplikasi bawaan yang permanen sehingga tidak bisa menghapus aplikasi-aplikasi tersebut saat memori penyimpanan penuh. Hal yang bisa dilakukan hanya mencopot pembaruan, bukan menghapus aplikasi sepenuhnya.
  • Cari aplikasi yang ingin dihapus dari daftar Apps, lalu sentuh aplikasi untuk membuka halaman “App info” dan sentuh tombol “Uninstall”. Tombol Uninstallyang berwarna abu-abu mengindikasikan aplikasi tersebut tidak dapat dihapus.
  • Lakukan konfirmasi jika ingin menghapus aplikasi secara menyeluruh atau sepenuhnya sehingga aplikasi dan semua data akan dihapus dari perangkat smartphone.

Itulah beberapa hal tentang memperbarui dan menghapus aplikasi. Perhatikan kecukupan memori penyimpanan pada smartphone karena kekurangan memori akan menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat. Selamat mencoba!

Author: 

Related Posts

Leave a Reply