Tutorial Konfigurasi Smartphone Android Baru

Category : Android
Tutorial Konfigurasi Smartphone Android Baruby Adminon.Tutorial Konfigurasi Smartphone Android BaruSetelah membeli smartphone tentu saja sudah tidak sabar untuk segera menggunakannya. Isi daya baterai ponsel terlebih dahulu hingga penuh agar bisa digunakan. Lalu ada hal yang harus dilakukan sebelum menggunakan ponsel android secara maksimal. Simak tutorial berikut ini tentang konfigurasi smartphone android baru. Temukan dan Kenali Fitur Fisik Perangkat Setelah daya baterai diisi, hal pertama […]

Setelah membeli smartphone tentu saja sudah tidak sabar untuk segera menggunakannya. Isi daya baterai ponsel terlebih dahulu hingga penuh agar bisa digunakan. Lalu ada hal yang harus dilakukan sebelum menggunakan ponsel android secara maksimal. Simak tutorial berikut ini tentang konfigurasi smartphone android baru.

  1. Temukan dan Kenali Fitur Fisik Perangkat

Setelah daya baterai diisi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa fitur fisik smartphone. Temukan tombol daya, kontrol volume, dan posisi action bar yang mengarahkan navigasi ponsel. Perhatikan dan kuasai posisi tombol Home (Beranda) dengan ikon rumah, tombol Back (kembali) berupa panah, dan tombol Recent Apps tentang aplikasi yang sering atau baru dibuka. Kemudian masukkan kartu sim di slot yang tersedia sesuai merek ponsel. Ada yang letaknya di samping, tetapi ada juga di belakang sehingga harus mencopot baterai terlebih dahulu (khusus untuk baterai yang bisa dilepas). Setelah SIM dipasang pasti akan segera muncul jaringan operator. Segera daftarkan paket data ke operator yang digunakan agar bisa mengunduh berbagai aplikasi.

  1. Tambahkan Kartu Memori (SD Card)

Kartu memori (SD Card) adalah media penyimpanan atau kartu memori untuk meningkatkan kapasitas ruang yang berbentuk portable (bisa dilepas dan pasang). Pemasangan kartu memori bukan keharusan atau bersifat opsional karena ada orang yang tidak perlu memori tambahan karena memori internal ponsel sudah besar. Kartu memori biasanya dibutuhkan untuk menyimpan lebih banyak data seperti foto, video, aplikasi, dan berkas multimedia agar memori internal tidak terlalu penuh (overload). Slot penyimpanan kartu memori biasanya di bawah tutup baterai atau di samping tergantung merek smartphone. Pastikan kartu memori yang dipasang sesuai dengan ponsel agar ponsel bisa digunakan secara maksimal (tidak lamban).

  1. Pengaturan Bahasa, Tanggal, dan Waktu

Pengaturan bahasa juga diperlukan karena setiap pengguna memiliki preferensi yang berbeda-beda. Ada orang yang mungkin bingung dengan istilah-istilah bahasa Indonesia pada smartphone karena sudah familiar dengan istilah bahasa Inggris sehingga gunakan bahasa Inggris saja (default language). Sebaliknya jika kurang paham bahasa Inggris maka atur bahasa Indonesia sebagai bahasa untuk ponsel. Kemudian atur tanggal dan waktu agar ponsel menampilkan data yang akurat dan terkini. Pengaturan ini bisa dilakukan secara otomatis dengan menghubungkan ke jaringan internet atau secara manual melalui menu pengaturan dengan memilih tanggal, zona, dan format waktu. Jika ingin ponsel cerdas terhubung ke internet lebih cepat maka sambungkan ke jaringan Wi-Fi lokal dengan memasukkan kata sandi (password).

  1. Program Pengaturan untuk Mengubah Konfigurasi Ponsel

Program ini memungkinkan kita untuk mengubah hampir semua pengaturan ponsel termasuk setelan aplikasi yang terpasang, notifikasi, suara, bahasa, dan lainnya. Sentuh ikon yang terlihat seperti roda gigi di layar beranda (home) untuk membuka panel aplikasi. Pakailah ujung jari untuk menggeser layar ke samping atau dari atas ke bawah untuk melihat semua aplikasi yang terpasang di ponsel. Sentuh ikon “Setelan” untuk membukanya. Jika ingin ada perubahan lain maka sentuh Wi-Fi, Bluetooth, dan Data Seluler untuk mengatur, menghubungkan koneksi baru, atau mengaktifkan dan menonaktifkan koneksi. Koneksi Wi-Fi akan mendapat prioritas oleh ponsel pintar dibandingkan Data Seluler operator jika tersedia jaringan nirkabel. Jika ingin mengatur nada dering maka sentuhlah menu Suara>Nada dering ponsel. Kemudian, atur volume nada dering dan suara multimedia secara terpisah di bawah menu Suara>Volume.

  1. Pastikan Keamanan Smartphone

Aktifkan layar kunci di ponsel pintar untuk mencegah orang lain mengakses ponsel saat ponsel hilang atau tertinggal di tempat tertentu. Caranya, ketuk ikon aplikasi “Setelan”, lalu buka “Keamanan” dan pilih opsi untuk mengunci layar melalui salah satu metode yang tersedia seperti sandi, PIN, atau membuat pola tertentu dengan menggeser jari di atas kotak dengan pola tertentu. Ingatlah selalu cara melewati layar kunci (entah melalui kata sandi, gambar pola, atau lainnya) sehingga tidak kehilangan akses ke ponsel. Jika benar-benar lupa atau ada kesalahan tertentu maka ponsel harus diatur ulang ke pengaturan pabrik sehingga semua data di ponsel akan hilang.

Proses pengaturan dilanjutkan dengan memasukkan kode keamanan untuk membuka ponsel saat layar dimatikan. Cobalah terlebih dahulu dengan menekan tombol daya untuk mematikan layar dan mengunci perangkat. Tekan tombol daya untuk menyalakan layar lagi, kemudian masukkan sandi untuk mengakses ponsel. Android adalah sistem operasi yang dibuat oleh Google sehingga para pengguna diwajibkan untuk membuat atau memasukkan akun Google. Akun email Google berguna untuk mengakses Google Play Store, Gmail, YouTube, dan aplikasi Google gratis lainnya. Jika sudah berhasil masuk maka akun akan terhubung dengan ponsel.

Itulah beberapa konfigurasi yang umum dilakukan untuk smartphone android baru agar pemakaiannya semakin mudah. Ponsel pintar yang tidak diatur atau tidak adanya konfigurasi pengaturan akan membuat ponsel menjadi tidak sesuai dengan penggunanya. Selamat mencoba!

Author: 

Related Posts

Leave a Reply