Cara Pengoperasian Ponsel Pintar Berbasis Android

Category : Android
Cara Pengoperasian Ponsel Pintar Berbasis Androidby Adminon.Cara Pengoperasian Ponsel Pintar Berbasis AndroidSmartphone Android mewajibkan para penggunanya untuk memiliki akun Google agar bisa menikmati semua fitur yang tersedia. Misalnya, fasilitas Android Market pada Google Playstore. Android dipopulerkan oleh Google sehingga semua akses harus berbasis Google (Gmail) agar bisa diakses. Perhatikan hal-hal berikut ini agar pengoperasian smartphone android berjalan dengan lancar. Pastikan koneksi internet sudah bisa digunakan Agar […]

Smartphone Android mewajibkan para penggunanya untuk memiliki akun Google agar bisa menikmati semua fitur yang tersedia. Misalnya, fasilitas Android Market pada Google Playstore. Android dipopulerkan oleh Google sehingga semua akses harus berbasis Google (Gmail) agar bisa diakses. Perhatikan hal-hal berikut ini agar pengoperasian smartphone android berjalan dengan lancar.

  1. Pastikan koneksi internet sudah bisa digunakan

Agar koneksi internet bisa digunakan tentu saja harus mengisi pulsa terlebih dahulu, kemudian mendaftar paket internet atau langsung membeli paket internet. Setelah itu, pastikan koneksi internet berjalan dengan lancar dan mulus dengan membuka aplikasi browser internet sebagai langkah uji coba. Jika halaman website terbuka, berarti koneksi internet sudah aktif. Jika belum atau tidak bisa terhubung ke internet maka cek pengaturan pada smartphone.

  1. Aturlah Akun Google (Gmail)

Cara setting akun Google sebagai berikut.

  • Sentuh tombol MENU dari beranda atau layar utama, lalu sentuh Settings (pengaturan).
  • Sentuh Accounts & Sync (Akun dan Sinkronisasi).
  • Sentuh Add Account (Tambahkan Akun) > Sentuh Google > Sentuh Next (lanjut).
  • Jika sudah memiliki akun Google (Gmail atau akun Youtube) maka pilih Sign In > isi nama akun Google dan password.
  • Jika belum memiliki akun Google, sentuh “Create” > isi kolom-kolom yang dibutuhkan hingga selesai.

Jika sulit membuat akun Google melalui ponsel android maka buatlah akun Google melalui komputer. Bukalah website www.google.com/mail dan klik “Create an Account”. Kemudian isi data-data yang diperlukan. Setelah akun Gmail jadi maka lanjut sign in di smartphone android melalui menu Settings (Pengaturan) untuk masuk ke akun Google yang baru dibuat. Ingatlah atau catatlah nama akun Gmail dan Password karena ini penting untuk akses berbagai aplikasi android.

  1. Kuasai Fungsi Tombol-Tombol pada Smartphone Android

Smartphone android dilengkapi minimal 3 buah tombol fisik atau tombol sentuh yang berada di bawah layar. Ketiga tombol tersebut adalah MENU, HOME, dan BACK. Urutan atau posisi penempatan tombol bisa berbeda antara satu smartphone dengan smartphone lainnya. Tombol MENU menampilkan berbagai opsi tambahan dari setiap aktivitas yang dilakukan. Misalnya, saat berada di home screen atau layar utama, sentuh tombol MENU maka ada pilihan setting, wallpaper, notifications, dan lainnya. Tombol HOME berfungsi membawa pengguna ke home screen atau kembali ke layar utama. Tombol BACK berfungsi membatalkan pilihan atau kembali ke pilihan sebelumnya.

  1. Cara Meletakkan Aplikasi Favorit di Layar Utama

Letakkan ikon aplikasi favorit atau aplikasi yang sering digunakan di layar utama. Cara yang harus dilakukan adalah pergi ke App Drawer, lalu sentuh dan tahan aplikasi yang dipilih maka secara otomatis tampilan layar akan berubah menjadi layar utama dan lepaskan. Jika ingin mengatur posisi ikon aplikasi maka sentuh dan tahan ikon aplikasi hingga terlihat seperti melayang dan ikon dapat digeser ke posisi yang diinginkan.

  1. Cara Mengaktifkan WiFi dan Menggunakan Koneksi Internet dari WiFi

Caramengaktifkan Wi-Fi adalah pergi ke layar utama dengan menyentuh tombol HOME. Lalu sentuh tombol MENU > pilih settings (Pengaturan) > Wireless & Networks (Nirkabel dan Jaringan) > aktifkan Wi-Fi dengan memberi tanda centang (check list). Pada beberapa tipe smartphone Android telah disediakan widget  “Power Control” untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS dengan mudah. Untuk memakai koneksi internet melalui jaringan wi-fi maka setelah Wi-Fi diaktifkan segera menuju Settings (Pengaturan) > Wireless & Networks (Nirkabel dan Jaringan) > Wi-Fi settings (pengaturan Wi-Fi). Lalu tunggu beberapa saat agar smartphone bisa mendeteksi semua jaringan wi-fi yang aktif dan pilih jaringan wi-fi/hot spot yang akan digunakan dan masukkan password jika wifi dikunci.

  1. Cara Mengunduh dan Mengelola Aplikasi pada Smartphone Android

Untuk menjalankan sebuah aplikasi android maka sentuhlah ikon aplikasi pada halaman home atau halaman aplikasi. Jika ingin membuka aplikasi lain tanpa menutup aplikasi yang sedang berjalan maka sentuh tombol Home dan jalankan aplikasi baru. Sedangkan jika ingin tahu daftar aplikasi yang sedang berjalan maka sentuh tombol aplikasi terbaru (aplikasi yang baru diunduh). Untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan maka keluar dari aplikasi dengan menyentuh aplikasi melalui daftar aplikasi yang muncul saat menyentuh tombol aplikasi terbaru. Untuk memasang aplikasi maka unduhlah melalui Google Play Store atau dengan File APK. Jika akan instal aplikasi dengan file APK biasanya file akan diminta untuk mengubah pengaturan izin sumber aplikasi. Jika ingin menghapus aplikasi yang sudah terpasang maka masuk ke aplikasi pengaturan dengan ikon gambar roda gigi dan masuk pada menu aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus instalasinya.

Itulah beberapa langkah dasar yang biasa dilakukan untuk mengoperasikan smartphone android dengan maksimal. Para pengguna ponsel pintar juga harus pintar sehingga tidak akan kebingungan untuk menggunakan perangkat ini. Selamat menelusuri ponsel pintar!

Author: 

Related Posts

Leave a Reply