Manfaat Lemon untuk Kebugaran dan Kekebalan Tubuh – Words 886

Category : Kesehatan
Manfaat Lemon untuk Kebugaran dan Kekebalan Tubuh – Words 886by Adminon.Manfaat Lemon untuk Kebugaran dan Kekebalan Tubuh – Words 886Manfaat Lemon untuk Kebugaran dan Kekebalan Tubuh – Lemon atau jeruk lemon sudah sering kita dengar, bahkan sudah sering menggunakannya sebagai bahan membuat minuman dan masakan, kulitnya digunakan untuk menambah aroma dalam membuat roti, cake.  Buah yang konon berasal asli dari asia ini kulitnya berwarna hijau atau kuning dengan rasa asam dan baunya sangat segar. Namun buah […]

Manfaat Lemon untuk Kebugaran dan Kekebalan Tubuh – Lemon atau jeruk lemon sudah sering kita dengar, bahkan sudah sering menggunakannya sebagai bahan membuat minuman dan masakan, kulitnya digunakan untuk menambah aroma dalam membuat roti, cake.  Buah yang konon berasal asli dari asia ini kulitnya berwarna hijau atau kuning dengan rasa asam dan baunya sangat segar. Namun buah ini jarang dikonsumsi langsung sebagai buah karena rasanya yang sangat asam.

Banyak nutrisi yang terkandung di dalam lemon, asam sitrat yang membuat rasa asam, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, vitamin B3, vitamin B1 dan B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, gula, karbihidrat, serat, lemak dan protein dan lain sebagainya.

Namun sebenarnya apa Manfaat Lemon untuk Kebugaran dan Kekebalan Tubuh, sehingga saat ini lemon tiba-tiba naik daun banyak dibicarakan orang sebagai salah satu solusi sehat:

  • Membantu mengeluarkan racun tubuh. Air lemon yang diminum di pagi hari bersifat diuretik yaitu membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh/detox melalui urine. Diuretik ini berfungsi mempercepat pembentukan urine, dimana di dalam urine tersebut ikut serta racun-racun yang berasal dari makanan yang memang harus dikeluarkan oleh tubuh. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Makanan atau minuman yang mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, Pertahanan tubuh menjadi lebih baik dalam menangkal serangan kuman dan bakteri dari luar terutama yang berhubungan dengan flu atau pilek dan sakit tenggorokan.
  • Menurunkan resiko stroke. Mengkonsumsi air jeruk lemon secara teratur dapat menurunkan kemungkinan resiko stroke iskemik bagi perempuan. Konsumsi air lemon akan memberikan banyak waktu untuk memproses nutrisi dalam makanan. Penyerapan yang lambat akan menghemat penyimpanan insulin dalam tubuh.  Insulin berfungsi mengatur gula darah dalam tubuh. Jika penyerapan berlangsung cepat apalagi yang diserap adalah karbohidrat, bisa anda bayangkan tumpukan cadangan energi berupa lemak pada tubuh anda. Gula darah dalam tubuh anda pun tidak terkontrol dan inilah yang mempercepat terjadinya stroke.
  • Menjaga kesehatan kulit. Antioksidan vitamin C jika di konsumsi atau sebagai obat luar dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan palusi, mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen. Lemon, seperti buah jeruk lainnya, merupakan sumber vitamin C yang sangat baik (asam askorbat); menyediakan sekitar 88% dari asupan harian yang direkomendasikan. Asam askorbat adalah air yang larut dan alami sebagai anti-oksidan. Vitamin ini membantu dalam mencegah penyakit kudis. Selain itu, konsumsi makanan kaya vitamin-C membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan berbahaya, radikal bebas pro-inflamasi dari darah.
  • Membantu pencernakan. Air lemon tidak hanya menghasilkan pencernaan yang sehat dengan mengeluarkan racun dari saluran pencernaan anda, tetapi juga meringankan gangguan pencernaan lain seperti mulas, perut kembung, sering bersendawa dan lain-lain. Kandungan serat yang tinggi membantu anda terhindar dari susah buang air besar atau sembelit. Asam sitrat dalam lemon merupakan pengawet alami yang juga berfungsi melarutkan batu ginjal.
  • Dapat menurunkan berat badan. Bagi yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, lemon akan memberikan kontribusi cukup signifikan dalam mengurangi lemak dalam tubuh anda. Buah ini mengandung kalori yang sangat sedikit, hanya 29 kalori per 100 gr, dan mengandung lemak jenuh dan kolesterol nol. Serat pektin yang tinggi pada buah lemon akan membantu pencernakan memecah lemak dalam tubuh dan mengeluarkannya bersama kotoran. Membantu menghilangkan kecanduan kafein. Jika anda penggila kopi yang selalu harus minum kopi untuk mengawali hari anda, anda bisa mencoba minum 1 gelas lemon hangat sebagai penggantinya. Kalau anda biasanya memperoleh tenaga atau kebugaran setelah minum kopi, maka anda akan memperoleh manfaat yang sama setelah minum air lemon tanpa kecanduan kafein di dalamnya.
  • Mencerahkan wajah. Vitamin C sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit, selain berfungsi sebagai antioksidan yang memerangi serangan radikal bebas seperti polusi juga berfungsi membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Buat masker lemon ditambah dengan madu, oleskan pada wajah secara merata setelah dibersihkan, diamkan beberapa menit sampai terasa meresap ke kulit. Kemudian bersihkan dengan handuk lembut dan air hangat. Lakukan secara teratur 2 kali seminggu, anda akan mendapatkan hasilnya.
  • Menambah Energi. Vitamin B1 yang banyak terdapat pada lemon berfungsi mengubah karbohidrat dari makanan kita menjadi glukosa. Untuk mengubah glukosa menjadi energi pada tingkat sel diperlukan Vitamin B.  Untuk itu tubuh membutuhkan vitamin B2, B3, B5, B7 dan B7. Kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan penurunan produksi energi yang menyebabkan lesu dan mudah lelah. Kita mendapatkan vitamin B dari tubuh luar karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri. Dan vitamin B alami yang banyak tersedia dari alam adalah dari tumbuhan.
  • Menyeimbangkan keasaman tubuh/pH. Anda sering mengalami perut kembung, sering bersendawa dan buang angin. Itu tandanya ada yang tidak beres dengan sistem cerna anda, terlalu banyak gas dalam perut, asam lambung naik dan lain-lain. Minum air hangat di pagi hari akan membersihkan pencernaan anda, flavonoid dari air lemon akan membantu menurunkan kadar asam lambung anda.
  • Meningkatkan fungsi otak. Lemon merupakan sumber kalium dan magnesium. Kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak, ia juga berfungsi membawa oksigen ke otak  sehingga otak mendapat makanan yang cukup. Kalium juga berperan mengirimkan neorotransmitter di otak agar dapat mengirim sinyal kepada saraf.

Seperti ulasan di atas banyak Manfaat Lemon untuk Kebugaran dan Kekebalan Tubuh yang didapat dari buah ini, tapi kita juga harus bijak dalam mengkonsumsinya. Setiap nilai positif suatu benda pasti ada nilai negatif yang terkandung didalamnya. Begitu juga dengan buah yang satu ini. Berhubungan dengan daerah mulut, mengkonsumsi air lemon dapat merusak email gigi, gigi sensitif. Untuk itu jika anda meminum air lemon gunakan sedotan untuk meminimalisir kerusakan email gigi anda.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply